Demam Biasa atau Tipes? Kenali Gejalanya

Demam Biasa atau Tipes? Kenali Gejalanya
Penyebab Penyakit Tipes
Penyakit tipes atau Tifoid Fever ini merupakan salah satu penyakit akut yang berhubungan dengan demam. Tipes tergolong penyakit akut karena tanda-tandanya bisa terjadi 1 sampai dengan 3 minggu dan yang lebih buruk lagi gejala penyakit ini hampir mirip dengan penyakit demam biasa . Penyebab penyakit tipes ini karena adanya bakteri Salmonella Typhi yang masuk ke dalam tubuh kita bersama makanan yang kita makan atau air yang telah terkontaminasi. Bakteri Salmonella Typhi ini berkembang biak di usus dan mengkontaminasi saluran pencernaan, sehingga ke pembuluh darah yang dapat mengakibatkan penderita penyakit tipes ini mengalami gejala-gejala klinis seperti demam. tapi tenang teman, gejala bisa diobati kok, dengan menggunakan antibiotik, dimana antibiotik ini dapat membantu tubuh untuk memerangi bakteri jahat, sehingga bagi kamu yang sedang terkena tipes akan menjadi lebih baik, namun dalam keaadaan yang lebih serius penderita tipes bisa mengalami komplikasi yang menyebabkan meninggal dunia. untuk itu teman agar kita dapat mengetahui apakah kamu menderita tipes atau haya demam biasa,? berikut adalah penjelasan  gejala-gejala penyakit tipes secara umum :

#Pada Minggu Pertama
  1.     Demam dan suhu tubuh naik mencapai suhu 39C sampai 40C
  2.     Sakit kepala yang berat
  3.     Badan terasa sangat lemah
  4.     Nafsu makan berkurang
  5.     Diare
  6.     Nyeri perut yang meronta-ronta
  7.     Bercak-bercak merah di tubuh
#Pada Minggu Kedua
  1.     Demam semakin tinggi
  2.     Sembelit pada perut
  3.     Penurunan berat badan yang ekstrim
  4.     Perut membuncit
#Pada Minggu Ketiga
Gejala tipes atau Tifoid Fever pada minggu ketiga biasanya terjadi gejala komplikasi yang membuat kamu mulai mengigau dan mata yang bergerak sendiri ketika kamu terjaga.

#Pada Minggu Keempat 
Gejala komplikasi yang buruk tadi sudah mulai membaik bahkan suhu tubuh kamu mulai normal

Karena Gejala tipes ini hampir sama dengan gejala penyakit demam pada umumnya, tetapi lebih baik kamu segera memeriksakan diri ke dokter, jika mengalami salah satu gejala diatas, karena bakteri Salmonella Typhi dapat berkembangbiak dengan cepat bila tidak dicegah dengan baik.

Sumber : Anggaputra.com | Foto : Flickr.com