Tips Berolahraga Di Bulan Puasa

Tips Berolahraga Di Bulan Puasa
Bulan Puasa merupakan suatu bulan dimana semua ummat muslim menantikannya karena pada bulan ini siapa yang menjalankan ibadah puasa dengan seutuhnya akan dihapuskan semua dosa-dosanya yang sudah berlalu, akan tetapi untuk menjalankan ibadah puasa kita diharuskan untuk menahan haus dan lapar kita mulai dari subuh sampai  dengan magrib nati. Oleh karenanya bagi kita yang ingin tubuh kita tetap sehat tentu kita tidak boleh melewatkan yang namanya olahraga, nah untuk itu teman berikut ada 5 tips terbaik melakukan olahraga pada saat puasa.
Pertama jangan makan Sahur terlalu awal - Selain dianjurkan dalam ajaran agama kita, sahur terlalu cepat itu akan membuat kita akan lebih cepat lapar untuk itu alangkah baiknya kita sahur mendekati waktu imsak karena ini sangat berguna untuk memperpendek masa kekosongan perut. Serta dengan selalu memilih menu sahur yang sehat yang rendah lemak dan tinggi protein agar tubuh tetap berenergi dan kenyang lebih lama pada saat beraktifitas di siang hari nanti.
Kedua Berolahragalah Menjelang Berbuka - Untuk mencegah dehidrasi dan kelelahan, alangkah baiknya jangan memilih waktu berolahraga di pagi atau siang hari. Pilihlah waktu olahraga di sore hari sebelum berbuka. Awalilah olahraga kamu  20 menit menjelang berbuka pada hari pertama, setelah itu tambahkan 30 menit pada hari berikutnya dan seterusnya secara bertahap. Hal seperti ini agar tubuh kita tidak terlalu kelelahan dan tubuh langsung mendapat tambahan nutrisi pada saat berbuka.
Jangan Lupa Pemanasan Dan Pendinginan - Melakukan pemanasan dan pendinginan pada saat berolahraga dapat membantu mengurangi resiko terkena cedera, apalagi dalam pada saat berpuasa. Mulailah berolahraga dari gerakan-gerakan yang ringan agar otot kita tidak terkejut ketika mendapat beban yang lebih berat.
Istirahat Cukup di Malam harinya - Berolahraga pada bulan puasa itu menguras banyak energi. Jadi agar tubuh kita tetap fit dan tidak lemas pada saat berolahraga, tubuh harus mendapatkan istirahat cukup di malam harinya. Serta banyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan agar stamina kamu tetap terjaga.
Jangan Menunda Waktu Berbuka - apabila waktu berbuka sudah masuk segeralah berbuka, jangan menunda janganlah menunda-nunda untuk berbuka. Segeralah minum dan makan secukupnya dengan menu makanan yang bergizi tentunya, agar dapat mengganti energi tubuh yang telah hilang saat berolahraga. Serta memakan makanan tinggi protein sangat dianjurkan untuk mempercepat pemulihan setelah berolahraga.
Sumber : duniafitnes.com