Cara Hindari Mata Lelah Saat Bekerja dengan Komputer

Cara Hindari Mata Lelah Saat Bekerja dengan KomputerBerapa jam kah, kamu bekerja di depan komputer mu? Berapa lama kah kamu biasanya menatap layar komputer mu ketika bekerja? Teman, memang, bekerja dengan komputer terlalu lama itu dapat  membuat mata kita lelah dan kering, Serta dapat membuat mata jadi merah dan perih.

Akan tetapi jika hal itu merupakan tuntutan pekerjaan tentu hal ini tidak bisa kita hindari. untuk itu kita saja yang pandai-pandai mengakalinya agar mata kita itu tidak kelelahan pada saat lama bekerja di depan komputer. Untuk itu teman pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara menghindari mata lelah saat bekerja dengan komputer. Seperti yang dilansir oleh prevention.com, berikut adalah empat langkah mudah untuk menghindari mata lelah pada saat bekerja dengan komputer.
# Pertama Perhatikan Posisi Monitor Komputer kamu - Posisikanlah sisi atas monitor komputer kamu 1 inci di bawah garis pandang mata kamu. hal ini agar otot mata tidak bekerja terlalu keras dan tertarik ke atas pada saat menatap ke layar komputer.
# Kedua Perhatikan Jarak Monitor - Tempatkankanlah monitor komputer kamu sejauh satu lengan dari tubuh kamu. Jika kamu menatap monitor yang jaraknya terlalu dekat, maka akan membuat kamu makin jarang berkedip. Akibatnya ya? mata jadi kering.
# Ketiga Moto 20 Detik per 20 Menit - Untuk mengistirahatkan mata yang lelah karena terlalu lama memandang layar monitor terlalu lama, usahakanlah setiap 20 menit sekali, untuk mengalihkan pandangan kamu ke salah titik lain yang jaraknya lebih kurang 6 meter, selama 20 detik."hal ini juga dapat mengurangi resiko kerusakan pada mata".
# Yang Keempat Pilih Pencahayaan atau Lampu yang Tepat - Kamu disarankan untuk menggunakan bola lampu 60 watt untuk pencahayaan tapi jangan gunakan lampu neon. hal ini bertujuan agar mata tak harus bersusah payah untuk menyipit karena silau dengan cahaya yang terlalu terang.
Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di JAMA Ophthalmology membuktikan bahwa menatap monitor komputer 7 jam per hari dapat berdampak buruk bagi keehatan mata. Selain dapat membuat kita mata menjadi kering dan sakit, jika dilakukan secara terus-menerus maka penglihatan  pun bisa terganggu.

Jadi Teman, mulai saat ini mulailah memperhatikan posisi monitor komputer kamu agar mata kamu tidak cepat lelah dan gangguan kesehatan pada mata. Memang, merubah kebiasaan buruk itu sangat sulit, akan tetapi jika tidak berubah sekarang kapan lagi?

Sumber : vemale.com | Foto : Flickr.com