Batu Ginjal, Kenali Penyebabnya

Batu Ginjal, Kenali Penyebabnya
Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang biasanya dialami oleh pria. Batu ginjal ini dapat terbentuk pada salah satu ginjal atau bahkan di keduanya. Kondisi seperti ini dikenal sebagai nephrolithiasis.

Ginjal merupakan organ kecil, yang ukurannya tidak sampai empat inci dengan bentuk seperti kacang merah yang berjumlah dua. Ginjal ini terletak pada bagian belakang perut atau di sisi samping tulang belakang. Ginjal berfungsi untuk memproses pembuangan zat-zat sisa dari dalam darah. Setelah darah selesai dibersihkan, kemudian tadi akan diteruskan kembali ke dalam tubuh dan zat-zat sisa akan dikeluarkan dari tubuh.

Batu ginjal adalah bisa berbentuk benjolan kecil-kecil atau besar yang mirip batu, batu ginjal ini dapat terbentuk karena adanya pengendapan zat-zat dalam ginjal, seperti asam urat atau kalsium yang seharusnya dikeluarkan dari dalam tubuh. lalu pada Saat batu ginjal ini menimbulkan rasa sakit, hal ini dikenal disebut juga sebagai kolik ginjal.

Kebanyakan, para penderita batu ginjal ini adalah mereka yang berusia lanjut antara umur 30 hingga 60 tahun. Menurut data statistik, penderita batu ginjal kebanyakan adalah para pria. Hanya sedikit wanita terkena batu ginjal.

Penyebab dan gejala batu ginjal

Batu ginjal terbentuk karena zat-zat yang harusnya dibuang dari tubuh, tapi justru mengkristal serta terkumpul di dalam ginjal. lalu Pengkristalan ini kemudian mengeras dan membentuk gumpalan yang meyerupai batu. Penyebab utama terjadinya batu ginjalini adalah karena kebiasaan seseorang yang malas minum banyak air, konsumsi obat-obatan tertentu yang dapat memicu terjadinya pengkristalan dalam ginjal.

Gejala batu ini ginjal biasanya mulai terasa pada saat telah terjadi penyumbatan pada ginjal. jika ukurannya tidak terlalu besar biasanya batu ginjal dapat keluar bersamaan dengan keluarnya air seni tanpa tampa adanya rasa sakit. Namun, pada kondisi yang lebih parah, dapat terjadi penyumbatan pada sistem urin seperti di ureter, yaitu saluran penghubung antara ginjal dengan kandung kemih, serta di tuba, dan urethra, yang merupakan jalur urin di seluruh tubuh manusia. Jika salah satu saluran ini terjadi penyumbatan, akan dapat menimbulkan rasa sakit serius pada perut dan selangkangan, serta bahkan dapat mengakibatkan infeksi pada saluran kencing.

Sebenarnya Tubuh secara alami akan berusaha untuk mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh, melalui air seni. Jadi, batu ginjal itu akan melewati saluran kencing, mulai dari ginjal, setelah itu tuba ginjal dan yang terakhir kandung kemih. Akan Tetapi pada jenis batu ginjal yang berukuran besar, diperlukan penembakan gelombang yang bernama ESWL(Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy ) di rumah sakit, ini bertujuan untuk memecahan batu ginjal menjadi berukuran kecil-kecil. Akan tapi terkadang, metode ESWL ini kurang efektif, sehingga diperlukan operasi untuk pengangkatan batu ginjal.
Hal yang tidak dapat dihindari dari penderita batu ginjal ini adalah kemungkinan kembali membesarnya batu ginjal. Untuk itu bagi para penderita batu ginjal ataupun bagi kita yang sehat disarankan untuk perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi dan mencegah terjadinya pengkristalan batu ginjal dalam tubuh. Karena dengan banyak minum air, zat-zat tak berguna dapat dengan mudah dikeluarkan dari dalam tubuh melalui air seni.

Sumber : Meetdoctor.com | Foto : Flickr.com