Tips Sehat Konsumsi Daging

Tips Sehat Konsumsi DagingTips Sehat Konsumsi Daging – teman, besok kita sebagai ummat islam akan merayakan hari raya yang disebut dengan idul adha, salah satu hari besar ummat islam dimana pada hari itu orang-orang melakukan penyemblihan banyak hewan qurban yang nantinya daging dari hewan tersebut akan dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Pada hari raya ini jugalah terdapat banyak makanan yang seperti rendang, sate, dendeng dan berbagai macam olahan makanan yang berbahan dasar daging lainnya.

Tapi sayangnya teman, tidak semua penerima daging hewan qurban ini dapat menikmatinya dengan leluasa. Karena Banyak diantara mereka yang khawatir mengkonsumsi daging karena alasan kesehatan. Terutama bagi mereka yang punya masalah dengan kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Sebenarnya untuk yang satu ini kita tidak perlu khawatir berlebihan. Karena, daging sebenarnya merupakan bahan makanan yang menyehatkan. Karena daging merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk tubuh kita. Memang dampak negatif konsumsi daging juga ada tetapi hal itu bisa diminimalisir, selama kita tidak mengkonsumsi daging secara berlebihan, selalu menjaga pola makan sehat, dan memperhatikan rambu-rambu sehat pengkonsumsian daging.

Agar perasaan khawatir tidak menghantui kamu saat mengkonsumsi daging, berikut ada beberapa Tips Sehat Konsumsi Daging yang perlu kamu diperhatikan:
Olahlah Daging dengan Cara Tepat dan Sehat - Sebelum daging dikonsumsi, kita perlu mengolahnya dengan cara yang tepat dan sehat. Ada beberapa hal yang harus kamu diperhatikan saat mengolah daging, antara lain :
Pertama Jika mengolah daging kambing, sebaiknya pilihlah daging kambing dewasa, bagaimana cara mengetahui kambing itu sudah dewasa atau tidak? Tanya saja pada tukang kambing. Tapi satu hal yang harus kamu ketahui adalah daging kambing muda memiliki kandungan lemak lebih banyak dari pada kambing yang sudah dewasa. Namun, untuk daging kambing urban kamu tidak perlu repot-repot tanya umur kambing ke tukang kambing. Karena pada syariat islam sudah dijelaskan bahwa kambing yang boleh dijadikan sebagai hewan qurban adalah kambing yang sudah dewasa. Kedua Sebelum memasak, sebaiknya pisahkanlah lemak dari daging. Dan kalau dapat Hindari menambahkan bumbu instan yang berlebihan pada daging. Pengolahan daging dengan cara dipanggang atau dibakar lebih disarankan dari pada yang digoreng atau di gulai apalagi direndang.
Kontrol Porsi Konsumsi Daging - Sebenarnya apapun makanannya kita tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Karena, ya, segala sesuatu yang berlebihan itu selalu berdampak buruk bagi kesehatan. Oleh karena itu teman, tips sehat konsumsi daging yang selanjutnya adalah kontrol konsumsi daging, jangan berlebihan dalam memakan daging. Sebaiknya batasi konsumsi daging paling banyak  3 sampai 5 ons saja setiap porsinya. Satu lagi jangan mengkonsumsi daging lebih dari tujuh porsi dalam seminggu.
Iringilah dengan Makanan Berserat dan Air - Selain kaya akan protein daging juga memiliki kandungan lemak yang tinggi. Hal Inilah yang orang takutkan saat mengkonsumsi daging. Oleh karena itu, untuk mengimbangi asupan lemak pada daging, kita perlu memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang berserat tinggi seperti buah dan sayur, serta minum air yang cukup. Serat yang terdapat pada buah dan sayur sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol dalam darah. Jadi, dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur, tingginya asupan lemak pada daging yang masuk dalam tubuh dapat diluruhkan dan tidak berdampak negatif bagi tubuh.
Itulah beberapa tips sehat konsumsi daging. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi panduan saat menikmati daging Idhul Adha. Selamat Hari Raya Idhul Adha teman, semoga kita semua diberi kemudahan rezeki untuk melaksanakan ibadah qurban tahun ini. Aamin.

 sumber : kesehatan.blogekstra.com