Kenali Gejala Meningitis

Kenali Gejala Meningitis
Meningitis itu merupakan sebuah penyakit dimana terjadinya peradangan atau inflamasi pada selaput otak kita (meninges). Terjadinya penyakit Meningitis ini bisa disebabkan karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. Akan tetapi pemicu terjadinya penyakit Meningitis yang paling sering adalah disebabkan yang oleh bakteri dan virus. 

Meningitis yang disebabkan oleh virus, yang bisanya dapat membaik dengan sendirinya tanpa terapi. Tetapi Meningitis yang disebabkan oleh bakteri  sangat berbahaya bagi kesehatan kita. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri ini harus segera diobati dengan antibiotik yang sesuai agar dapat memperbaiki keadaan. Penanganan meningitis yang terlambat dapat menimbulkan resiko kerusakan otak yang permanen atau bahkan kematian. Dan yang lebih berbahayanya lagi, meningitis bakteri ini dapat berakibat fatal hanya dalam hitungan hari saja.

Penyakit meningitis ini dapat terjadi pada siapa saja termasuk anda, berikut beberapa gejala dan tanda-tanda seseorang terkena meningitis:
Terjadinya Demam tinggi yang mendadak 
Rasa nyeri pada kepala dan kepala terasa berat yang berat
Rasa kaku di leher
Sakit kepala yang disertai mual dan muntah
Sulit berkonsentrasi
Kejang
Nafsu makan menurun
Lebih peka pada cahaya atau silau
Terjadinya penurunan kesadaran
Jika beberapa gejala seperti diatas menyerang Anda, sebaiknya segeralah mengunjungi dokter di Rumah Sakit. Karena sebenarnya gejala klinis tidak cukup untuk mengetahui secara pasti apakah seseorang itu terserang meningitis atau tidak. Meningitis dapat didiagnosa dengan pemeriksaan fisik, seperti, pemeriksaan cairan otak (pemeriksaan Liquor Cerebrospinal ) dan pemeriksaan darah. Jika telah positif terkam penyakit meningitis, segeralah pergi ke dokter agar dapat pertolongan medis yang tepat sebelum tejadinya komplikasi.

Itulah beberapa gejala penyakit meningitis, semoga informasi ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan anda.  

Sumber : meetdoctor.com