7 tips untuk mendapatkan tubuh yang sehat

7 tips untuk mendapatkan tubuh yang sehat
Makan seimbang merupakan bagian penting dari menjaga kesehatan, dan dapat membantu Anda merasa lebih baik. Cukup ikuti 7 tips untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Kunci untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan melakukan hal berikut :
Makan jumlah yang tepat kalori untuk seberapa aktif Anda , sehingga Anda menyeimbangkan energi yang Anda konsumsi dengan energi yang Anda gunakan . Jika Anda makan atau minum terlalu banyak , Anda akan menambah berat badan . Jika Anda makan dan minum terlalu sedikit , Anda akan kehilangan berat badan . Rata-rata pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori per hari. Wanita rata-rata membutuhkan 2.000 kalori. Kebanyakan orang dewasa yang makan lebih banyak kalori dari yang mereka butuhkan.

Ini tips praktis makan yang sehat , yang dapat membuat tubuh lebih sehat :
Biasakan makan makanan bertepung - Makanan bertepung harus merupakan sepertiga dari makanan yang Anda makan . Makanan bertepung seperti kentang, sereal, pasta, nasi dan roti. Karena makanan ini mengandung lebih banyak serat, dan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Sebagian besar dari kita harus makan lebih banyak makanan bertepung : mencoba untuk memasukkan setidaknya satu makanan bertepung pada setiap makan utama. Beberapa orang berpikir makanan bertepung yang menggemukkan, tapi sebenarnya itu persepsi yang salah. 
Makan banyak buah dan sayuran - kita direkomendasikan untuk memakan sedikitnya lima porsi dari berbagai jenis buah dan sayuran sehari. Ini lebih mudah daripada kedengarannya .biasakanlah untuk meminum Segelas jus buah tanpa pemanis setiap hari, dan selalu selalulah menyediakan sayuran disetiap makanan utama.
Makan lebih banyak ikan - Ikan merupakan sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral . setidaknya konsumsilah dua porsi ikan dalam seminggu , atau  satu porsi minyak ikan dalam seminggu. Ikan berminyak tinggi omega - 3, yang dapat membantu mencegah penyakit jantung . tapi ingat pilihlah ikan segar bukan ikan yang sudah dikeringkan, karena bisanya ikan kering tinggi akan garam .
Mengurangi lemak jenuh dan gula - Kita semua butuh lemak dalam makanan kita . Tapi penting untuk memperhatikan jumlah dan jenis lemak yang kita makan . Ada dua jenis utama dari lemak : jenuh dan tak jenuh . Terlalu banyak lemak jenuh dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam darah, yang meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Lemak jenuh ditemukan dalam banyak makanan , seperti keju keras , kue , biskuit , sosis , krim , mentega , dan pai . Cobalah untuk mengurangi untuk memakan makanan yang mengandung lemak jenuh, dan pilih makanan yang mengandung tak jenuh seperti minyak sayur, minyak ikan dan alpukat. Untuk pilihan yang lebih sehat , gunakan hanya minyak sayur atau spread rendah lemak sebagai pengganti mentega. Kebanyakan orang di Indonesia makan dan minum terlalu banyak gula . hal tersebut dapat berkontribusi untuk berat badan anda. Selain itu memakan banyak gula juga dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kurangi minuman bersoda, minuman beralkohol , biskuit dan kue-kuean, karena ini adalah jenis makanan yang mengandung banyak gula, lebih baik anda mengkonsumsi banyak buah dan susu untuk mendapatkan gula yang alami. Label makanan dapat membantu : ini untuk memeriksa berapa banyak gula yang terdapat pada makanan tersebut. Jika makanan tersebut memiliki 22.5 gram dari 100g itu berati makanan tersebut mengandung banyak gula.
Makan lebih sedikit garam - Bahkan jika Anda tidak menambahkan garam pada makanan Anda , Anda masih dapat makan terlalu banyak . Sekitar tiga / perempat dari garam yang kita makan sudah ada didalam makanan yang kita beli , seperti sereal sarapan , sup , roti dan saus . Makan terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah Anda . Orang dengan tekanan darah tinggi lebih mungkin untuk terserang penyakit jantung atau stroke. "Gunakan label makanan untuk membantu Anda mengurangi mengkonsumsi garam. Lebih dari 1.5g garam per 100g berarti makanan tersebut tinggi garam . Orang dewasa dan anak harus makan tidak lebih dari 6g garam sehari" . 
Jangan haus - Kita perlu untuk minum sekitar 1,2 liter air setiap hari untuk menghindari tubuh dari dehidrasi . Ini tapi Cobalah untuk menghindari minuman ringan dan bersoda karena minuman seperti itu biasanya tinggi akan gula. 
Jangan melewatkan sarapan - Beberapa orang melewatkan sarapan karena mereka pikir itu akan membantu mereka menurunkan berat badan. Tapi Penelitian menunjukkan bahwa sarapan dapat membantu orang mengendalikan berat badan mereka. Sarapan yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang , dan memberikan vitamin dan mineral yang kita butuhkan untuk kesehatan tubuh . sereal dengan irisan buah di atasnya adalah sarapan lezat dan bergizi .
Sumber : http://www.nhs.uk/