Mengapa Mendengarkan Musik Itu Sehat?


Mengapa Mendengarkan Musik Itu Sehat?
Musik adalah sebuah gabungan dari nada-nada yang indah yang dapat membuat siapa saja yang mendengarkannya merasa bahagia, senang dan sedih. karena pada setiap bunyi yang dihasilkan pada sebuah musik dapat merubah perasaan parasaan orang yang mendengarkannya.

Tapi hanya sampai disitu teman. tarnyata Musik itu dapat membuat kita menjadi sehat,  Dengan musik dapat perasaan jadi tenang. Dan ternyata Ternyata, Irama musik itu baik untuk kesehatan jantung jantung. Hal ini sudah di teliti oleh “University Maryland” dan mereka mengatankan bahwa pada saat mendengarkan musik, perasaan kita akan menjadi lebih baik, serta aliran darah pun mengalir lebih lancar. Dan hal itu merupakan hal yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Bahkan, pada sebuah penelitian yang diterbitkan pada Journal of Neuroscience, menyebutkan bahwa penderita pasca stroke yang sering mendengarkan musik setiap hari, akan lebih mudah dan lebih banyak mengingat, mereka akan lebih fokus, dan depresi serta bingungnya akan berkurang dibandingkan mereka yang tak mendengarkan musik.  Alasanya karena mendengarkan musik, akan melibatkan beberapa bagian dari otak dan merangsang sel-sel pada otak agar lebih rileks. Jadi faktanya musik itu secara tidak langsung telah melatih fungsi otak pasien yang terkena stroke.

fakta lain mengenai musik.  Pada sebuah penelitian “Music Therapy for Treatment of Parkinson’s Disease.” mengatakan bahwa, Musik sangat berperan penting membantu para penderita penyakit “Parkinsons” mereka yang menderita penyakit tidak mampu mengucapkan kata-kata dengan jelas, karena mereka kesulitan pada  saat bernafas dan pergerakan mulut atau lidah mereka.

Pada sebuah terapi musik yanng dilakukan di california diungkapkan bahwa, dengan mendengarkan sebuah lagu yang mereka sukai,  para penderita penyakit “Parkinsons” mereka dapat belajar mengucapkan kata-kata dan melatih pernapasan mereka. Dengan mengikuti irama musik juga akan dapat melatih Pergerakan penderita “Parkinsons”.  Dan Irama musik ini pun juga dapat membuat tenang para penderita yang super aktif.

Jadi kebiasaan untuk mendengarkan musik itu merupakan kebiasaan yang sangat baik, bukan hanya untuk kesehatan tubuh kita saja tapi dengan musik juga dapat membuat jiwa menjadi tenang dan bahagia.

sumber : http://www.tempo.co