Makanan Yang dapat Membantu Membersihkan Liver kamu

Makanan Yang dapat Membantu Membersihkan Liver kamu
Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting di kehidupan ini. Jika kamu ingin sehat dan memiliki fungsi organ yang baik, maka kamu juga harus menjaga makanan yang kamu makan. Nah untuk itu teman, salah satu organ tubuh yang sangat perlu dijaga kesehatannya adalah liver atau hati kita.

Memang liver ini memiliki kemampuan memperbaiki dirinya sendiri gitu, akan tetapi saat liver mengalami masalah, bukan berarti kamu mengabaikannya kesehatannya begitu saja. Seperti yang dilansir oleh healthmeup.com, ada banyak makanan yang bisa membantu membersihkan liver kamu dan menjaga fungsinya dengan baik :
#1 Kunyit - Kunyit adalah salah satu tanaman obat yang sangat ampuh menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan liver. Kunyit ini merupakan rempah-rempah yang baik untuk kesehatan hati, karena kunyit mampu mendetoksifikasi hati dan mengeluarkan unsur karsinogenik dari makanan. tidak hanya itu Kunyit juga dapat membantu tubuh dalam mencerna lemak dengan memicu produksi empedu.
#2 Alpukat - Buah alpukat kaya akan nutrisi dan lemak sehat yang dapat membantu tubuh kamu untuk memproduksi glutathione, dimana glutathione ini dapat membantu hati untuk mendetoksifikasi dirinya sendiri.
#3 Apel - Buah Apel kaya akan pektin, sebuah zat kimia yang mendorong tubuh kita untuk mengeluar racun dari saluran pencernaan, jadi dengan begitu pekerjaan hati atau liver akan lebih mudah.
#4 Brokoli - Sayuran seperti brokoli dan kembang kol dapat membantu tubuh dalam pelepasan enzim yang disebut glukosinolat. Enzim ini akan dapat merangsang produksi enzim pencernaan serta membantu tubuh  membuang racun dari aliran darah kita.
#5 Minyak zaitun - Minyak zaitun merupakan salah satu minyak ringan yang dapat membantu hati menyerap semua racun berbahaya dari dalam tubuh walaupun kondensasinya yang ringan, tapi mudah dicerna oleh tubuh.
#6 Bawang putih - Bawang putih mengandung belerang, yang dapat merangsang tubuh untuk menghasilkan enzim yang bisa membawa racun-racun keluar dari tubuh. Tidak hanya itu teman, Bawang putih juga kaya akan allicin dan selenium, ini merupakan senyawa yang membantu hati atau liver kamu dapat membersihkan dirinya sendiri.
#7 Tomat - Buah tomat sangat bagus untuk membersihkan liver, karena pada buah tomat mengandung glutathione serta kaya akan lycopene, yang dapat membantu dan melindungi tubuh kita dari berkembangnya sel kanker dan melindungi liver dari zat-zat racun.
#8 Lemon / jeruk nipis - Buah jeruk atau lemon, sangat kaya akan kandungan vitamin C dapat merangsang kinerja hati menjadi lebih baik serta dapat mongoptimalkan kinerja sistem pencernaan. jadi dengan begini akan membantu tubuh kita dalam mensintesis bahan beracun keluar dari dalam tubuh.
#9 Wortel - Wortel kaya akan glutathione dan protein, yang mampu mendetoksifikasi hati. Selain itu Wortel juga gudang dari flavonoid dan vitamin A, beta-karoten, yang dapat merangsang dan mengoptimalkan fungsi kerja hati.
#10 Bayam - Bayam Juga kaya akan kandungan glutathione dan juga klorofil tanaman yang mana zat ini dapat membantu hati atau liver menyedot bahan berbahaya yang menumpuk didalam tubuh kita, seperti bahan kimia dan pestisida pada aliran darah kita, sehingga hal ini akan dapat melindungi hati kita dari kerusakan jaringan.
Jadi, ingatlah teman, sebelum benar-benar sakit, akan lebih baik kita menjaga kesehatan tubuh dan liver kita mulai dari sekarang, semoga artikel ini bermanfaat.

Sumber : Vemale.com | Foto : Flickr.com