Cara mengatasi depresi

Cara mengatasi depresi
Jika kamu adalah orang yang super sibuk, sampai-sampai kamu tidak bisa menjaga pola hidup sehat. hati-hati teman, Karena kesibukan dan pola hidup yang tidak teratur, bisa saja berbagai penyakit menyerang kamu dengan mudah. bahkan karena sibuknya kamu dengan pekerjaan yang menumpuk, terkadang kamu bisa saja mengalami depresi.

Depresi ini sendiri memang bisa dikatakan mirip dengan stres, dimana jika kamu mengalami depresi maka pasti aktifitas yang kamu lakukan jadi terganggu. Gejala Depresi sendiri biasanya seperti rasa lelah yang berlebih, sedih, tidak semangat, malas beraktifitas hingga susah tidur. Salah satu hal yang berbahaya karena depresi ini adalah bisa membuat orang bunuh diri. Depresi ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti faktor organiobologis dimana adanya ketidakseimbangan neutrotransmiter pada otak terutama di serotonin. atau karena faktor pisikologis, depresi bisa terjadi karena faktor psikologis, seperti adanya tekanan mental dan beban psikis yang membuat seseorang itu menjadi banyak fikiran. Depresi bisa terjadi pada siapa saja, kapan saja dan dimana saja, untuk itu teman, bagi kamu yang sedang depresi atau stres gitu, cobalah cara mengatasi depresi berikut ini, agar depresi yang kamu alami segera hilang.
#1 Olahraga - Olahraga itu dapat mengatasi depresi, Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor psikiatri dari University School of Medicine, di Durham, menunjukkan bahwa dengan berolahraga 3-5 kali seminggu selama 20 sampai 30 menit, dapat mengatur norepinefrin dan serotonin di otak atau dengan Latihan aerobik dan jalan cepat di atas treadmill, adalah yang terbaik untuk mengatasi depresi. dengan berolahraga juga akan membuat tubuh kita jadi rileks dan membuat kita dapat melupakan masalah-masalah yang ada.
#2 Terapi cahaya - Salah satu cara unik untuk mengatasi gejala depresi adalah dengan terapi cahaya, di mana kamu diminta untuk duduk di dekat kotak yang terang. Terapi seperti ini biasanya dilakukan sekitar 15 menit hingga 2 jam setiap  hari. mengapa bisa begitu? ya karena dengan duduk dekat cahaya yang terang akan membuat perasaan kita jadi tenang, jika perasaan sudah tenang depresi pun berkurang.
#3 Buku harian suasana hati - Dr. Doraiswamy mengatakan bahwa dengan menulis suasana hati pada buku harian akan membuat kamu dapat mengingat kembali hal-hal positif ada dalam hidup kamu. tapi walaupun begitu, Dr. Dora tidak menganjurkan kamu menulis buku harian di saat banyak pekerjaan.
#4 Akupuntur -Banyak penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat mengatasi depresi. Salah satunya penelitian yang dilakukan di Universitas Arizona, yang melibatkan 64 pesien sedang depresi, 33 dari mereka depresinya berkurang setelah melakukan akupuntur.
#5 Dukungan sahabat - Salah satu cara terbaik untuk mengatasi depresi adalah adanya dukungan dari sahabat, dengan masukan dan semangat yang diberikan oleh sahabat, akan membuat kita menjadi lebih semangat dan lebih tegar dalam menghadapi masalah kehidupan ini.
#6 Terapi perilaku kognitif - Terapi perilaku kognitif  atau biasa disebut dengan CBT, sebuah terapi jangka pendek yang mana hanya dilakukan selama 10 - 20 sesi. CBT terbukti sama efektifnya dengan mengkonsumsi obat depresi.
#7 Minyak ikan - Suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 yang dapat kamu temukan pada ikan, seperti ikan salmon, ikan haring dan albacore tuna. Pada Sebuah studi membuktikan bahwa kekurangan asupan asam lemak omega-3 pada kurun waktu tertentu dapat menyebabkan perubahan suasana hati menjadi buruk hingga depresi.
#8 Meditasi - Pada Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, dengan meditasi dapat mencegah depresi. Pada penelitian itu menunjukkan dengan melakukan meditasi dapat mengatasi depresi dan membuat perasaan seseorang menjadi lebih tenang.
#9 Kunyit - Pada sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Ethnopharmacology menyatakan bahwa kunyit itu dapat meningkatkan kadar serotonin di otak. Penelitian yang melibatkan 38 orang ini, dilakukan selama enam minggu, menemukan bahwa kunyit itu sama efektifnya dengan fluoxetine (Prozac) dalam mengatasi gejala depresi.
#10 Yoga - Dengan Berlatih yoga dapat menghilangkan depresi berat dan gangguan emosi, mengurangi stres, kecemasan, permusuhan dan meningkatkan energi. tidak hanya itu dengan yoga juga dapat meningkatkan kualitas tidur kamu.

Itulah beberapa cara mengatasi depresi yang dapat kamu coba, karena jika sudah depresi segala sesuatunya jadi tidak mengenangkan, tetap semangat, jangan pernah putus asa, semoga harimu menyenangkan.

Sumber : Antaranews.com | Foto : Flickr.com