Atasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Atasi Mual dan Muntah Saat HamilMual dan muntah memang merupakan tanda awal dari sebuah kehamilan, biasanya mual dan muntah ini dimulai dirasakan sekitar minggu ke-6 kehamilan. Mual dan muntah pada saat hamil muda yang biasa disebut dengan morning sickness ini biasa dialami hampir semua ibu hamil. Sama seperti namanya, ibu hamil biasa mengalami mual dan muntah pada pagi hari.

Morning sickness ini tidaklah berbahaya bagi ibu dan janin, akan tetapi jika muntah dan muntah yang bunda alami berlebihan, ini baru patut diwaspadai karena jika setiap makanan yang dimasukan ke dalam tubuh terus keluar kembali, hal ini akan dapat mempengaruhi perkembangan janin karena dia kekurangan cairan dan nutrisi.

Beberapa para ahli mengatakan bahwa, penyebab pasti dari morning sickness ini belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, mual muntah yang dirasakan saat hamil bisa jadi disebabkan oleh gula darah yang rendah atau hormon atau pada awal kehamilan. Keadaan emosional, stres, kelelahan, bepergian dan beberapa makanan juga dapat membuat mual yang dirasakan menjadi makin parah. Tapi keadaan seperti ini biasanya akan hilang setelah 3 atau 5 bulan usia kehamilan.

Berikut beberapa cara yang dapat bunda coba untuk mengurangi rasa mual dan muntah selama kehamilan: 
  1. Hindari makan dengan porsi yang terlalu banyak dalam satu waktu, maksudnya adalah usahakan untuk makan sesering mungkin tapi dengan porsi yang sedikit.
  2. Usahakan untuk selalu minum air putih setengah jam sebelum dan setelah makan.
  3. Perbanyaklah untuk minum air putih, ini bertujuan untuk menghindari dehidrasi pada masa kehamilan.
  4. Makan apapun yang bunda rasa bisa memakannya, jangan sampai bunda tidak ada makanan yang masuk ke dalam tubuh
  5. Istirahatlah dengan cukup pada siang hari
  6. Hindarilah tempat yang panas, karena hal ini hanya dapat menambah rasa mual.
  7. Jangan makan makanan yang tinggi protein dan karbohidrat kompleks, karena ini hanya akan menambah rasa mual, makanannya seperti keju, susu, selai kacang dan yogurt.
  8. Bunda bisa mengonsumsi semangka, lemon dan air jahe untuk meredakan rasa mual saat hamil.
Hal yang tidak boleh dilakukan selama bunda mengalami mual muntah adalah:
  1. Jangan berbaring setelah makan, karena hal itu hanya akan menambah rasa mual.
  2. Jangan pernah melewatkan makan. walau sedikit bunda harus makan, agar nutrisi pada janin dapat terpenuhi.
  3. Jangan makan makanan yang pedas-pedas
  4. Hindari asap rokok, karena dapat memperburuk rasa mual
  5. Jangan biarkan keadaan tersebut berlanjut tanpa diobati
Morning sickness selama masa kehamilan bisa sangat mengganggu. Bunda bisa saja mengalami stres dan depresi jika mual dan muntah ini tak berhenti-berhenti. dalam keadaan yang lebih serius hal ini bisa sangat berbahaya bagi janin, selain tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, perkembangan janin pun akan terganggu. Ada baiknya Bunda untuk segera konsultasi ke dokter untuk mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan dan melakukan pencegahan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan.
Sumber : Meetdoctor.com | Foto : Flickr.com