Facebook Akan Kembangkan Komputer "Setengah" Manusia

komputer setengah manusia


Kompetisi Facebook, Google, IBM dan yang lainnya untuk menghadirkan komputer pintar yang memiliki kemampuan setara manusia sedang memanas.

Misalnya aja sekarang Google yang telah mengembangkan laboratorium (artificial intelligence/AI), Quantum AI lab, yang bekerja sama dengan NASA dan Universities Space Research Association (USRA).

IBM juga sedang mengembangkan komputer cerdas gitu men, katanya komputer  yang mereka kembangkan  dapat merfikir seperti manusia gitu dan komputaer mereka menamai komputar ini "Watson", nama yang bangus ya men.. dan katanya lagi kompuer  ini mengutamakan akurasi dan kecepan proses gitu hebat kan?.

Tapi nampaknya facebook gak mau kalah men..Kata Business Insider, Selasa 10 Desember 2013 , Facebook ternyata diam-diam sedang mempekerjakan Yann LeCun gitu, Yann LeCun ini adalah profesor dari Center for Data Science New York University.

Dikabarkan, LeCun ini akan bekerja serta mengajar di laboratorium AI Facebook, sebuah  lab yang barusaja diluncaurkan Facebook untuk pengembangan AI.

Katanya, LeCun ini telah mengembangkan komputer yang dapat berpikir gitu, dan teknologi ini telah digunakan beberapa bank di seluruh dunia.

Yann LeCun, bersama dengan ilmuwan komputer Universitas Toronto, Geoffrey Hinton, mengumumkan kemajuan dari komputer meraka kembangkan itu bahwa komputer ini dapat mengajar dirinya secara mandiri. Sistem komputer ini disebut "pembelajaran tanpa pengawasan."

LeCun Dalam postingan di laman Facebooknya, mengatakan generasi AI yang ia kembangkan ini  akan diberi nama 'pembelajaran mendalam' atau deep learning.

Lalu pada saat Mark Zuckerberg CEO Facebook dan Michael Schroepfer CTO Facebook menghadiri demo 'deep learning' itu mereka terlihat terkesima dengan kemampuan komputer yang dikembangkan oleh LeCun itu, lalu LeCun direkrut deh sebagai karyawan di Facebook.

Tapi tidak hanya Facebook aja men. Pada Oktober lalu, Yahoo juga mengembangkan teknologi 'deep learning'. mereka bekerja sama  LookFlow, sebuah perusahaan rintisan pengembang 'deep learning'.

Sebangai perusahaan software terbesar dunia, Microsoft Researcher diketahui tengah sibuk dalam mengembangkan teknoogi 'deep learning' dengan pengenalan suara. (eh)