5 Tips Perawatan Kulit Agar Tetap Sehat

5 Tips Perawatan Kulit Agar Tetap Sehat

Perawatan kulit itu mahal, ada cara kedua agar kulit tetap mulus dan sehahat, mau tau caranya? ikuti tips perawatan kulit berikut!

1. Lindungi diri dari matahari
Salah satu cara yang paling ampuh untuk merawat kulitmu adalah dengan melindunginya dari bahaya sinar matahari. karena paparan sinar matahari mengandung ultraviolet yang dapat menyebabkan kerutan, bintik-bintik hitam dan masalah kulit lainnya, tak hanya itu telalu lama terkena sinar matahari juga dapat meningkatkan risiko kamu terkena kanker kulit.
Untuk perlindungan matahari paling lengkap:

  • Gunakan tabir surya ketika kamu keluar rumah. Gunakan spektrum luas tabir surya dengan SPF minimal 15. 
  • Hindari matahari pada pukul 10:00-02:00, karena pada jan itu sinar matahari sangat kuat.
  • Kenakan pakaian pelindung. Menutupi kulit kamu dengan kemeja lengan panjang, celana panjang dan topi bertepi lebar. Juga dapat melindungi kulitmu dari sinar ultraviolet yang dipancarkan sinar matahari.

2. Jangan merokok
Merokok akan membuat kulitmu terlihat lebih tua dan merokok juga mempunyai peranan penting dalam membuat keriput. hal ini disebabkan karena Merokok menyebabkan penyempitkan pada pembuluh darah kecil di lapisan terluar kulit, hal ini akan dapat mengurangi aliran darah pada kulit. sehingga kulitmu akan kekurangan oksigen dan nutrisi akhrnya kulit menjadi kering dan pecah-pecah.
tak hanya itu Merokok juga merusak kolagen dan elastin kuli, ini adalah serat yang memberikan kekuatan kulit dan elastisitas pada kulit. Selain itu, ekspresi wajah saat merokok, seperti mengerucutkan bibir Anda saat menghirup dan menyipitkan mata, hal ini akan dapat membuat kulit pada wajah menjadi cebih cepat untuk keriput.
Jika Anda merokok, cara terbaik untuk melindungi kulitmu adalah berhenti. konsultasikan pada dokter, untuk kiat-kiat atau perawatan, agar  membantumu berhenti merokok.

3. Perlakukan kulit Anda dengan lembut
hal yang dapat kamu lakukan

  • Batasi waktu mandi. jangan mandi terlalu lama pada air panas karena hal ini dapat menghilangkan minyak dari kulitmu, jika sudah seperti ini maka kulitmu akan kering.
  • Hindari sabun yang kuat. sabun yang kuat dan deterjen juga dapat membuat kulit menjadi kering. Sebaliknya, pilih pembersih ringan.
  • Melembabkan kulit kering. Jika kulitmu kering, gunakanlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulitmu. Untuk penggunaan pelembab sehari-hari, pertimbangkan untuk memakai pelembab yang mengandung SPF.

4. Makan makanan yang sehat
Diet sehat dapat membantumu mendapatkan kulit yang sehat. kulit kanlembut akan dapat kamu dapatkat ketika kamu Makan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan protein tanpa lemak. Hubungan antara diet dan jerawat tidak jelas - tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan yang kaya vitamin C akan membuat kulit terlihat lebih muda.

5. Mengelola stres
stres yang berlebihan akan dapat membuat kulitmu menjadi lebih sensitif dan hal ini dapat memicu tumbuhnya jerawat dan masalah kulit lainnya pada kulit.

Itulah beberapa tips perawatan kulit yang dapat kamu lakukan agar kulitmu selalu tetap sehat.