Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan
Salam sehat teman, Semoga hari ini kita semua dalam keadaan baik? ya jika tidak, ya mau bagaimana lagi. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Manfaat susu kedelai bagi kesehatan. Karena sudah tidak diragukan lagi susu kedelai katanya memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. 

Seperti yang dikutip dari SteadyHealth, satu cangkir susu kedelai murni yang tidak difortifikasi, sangat kaya akan protein, karbohidrat, lemak baik dan susu kedelai ini tidak mengandung kolesterol. hebat kan?.tapi dari kesian banyak nutrisi yang terdapat pada susu kedelai ternyata masih manyak lagi manfaat dari susu kedelai ini. Apa saja manfaat susu kedelai itu? nah berikut penjelasannya tubuh sehat dengan minum secangkir susu kedelai yang dikutip dari  laman Magforwomen dan Fitday:
# Memperbaiki profil lemak dalam darah - Susu kedelai tidak sama dengan susu sapi karena susu sapi tinggi akan lemak jenuh serta kolesterol, Sementara susu kedelai justru mengandung banyak lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol sama sekali.
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi susu kedelai secara teratur tiap hari dapat memerangi kadar LDL (lemak jahat) dalam tubuh dan menaikkan HDL (lemak baik) dalam darah. Kedua kombinasi dan manfaat susu kedelai ini membuat susu kedelai menjadi minuman ideal bagi kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau bagi mereka yang keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung.
# Memperkuat intergritas pembuluh darah - Lemak omega-3 dan omega-6 yang terdapat pada susu kedelai bisa membuat pembuluh darah jadi kuat serta melindungi pembuluh darah dari kerentanan luka dan pendarahan. Kombinasi dari kedua lemak nabati ini juga dapat membantu pembuluh darah dalam melindungi jaringan sel-sel di tubuh dari ancaman radikal bebas dan timbunan kolesterol. Tidak hanya itu, kandungan dua nutrisi ini juga mampu meningkatkan kelancaran darah mengalir ke seluruh bagian tubuh.
# Membantu menurunkan berat badan - Susu kedelai memiliki kandungan gula yang rendah dibandingkan dengan susu sapi. satu gelas susu sapi mengandung 12gr gula, sedangkan pada susu kedelai hanya memiliki 7gr kandungan gula. Tidak hanya itu, kandungan lemak tak jenuh yang tinggi yang terdapat pada susu kedelai dapat mencegah penyerapan lemak pada usus secara langsung.
Seperti yang telah kita diketahui bahwa penyerapan langsung lemak di usus sama artinya dengan menimbun lemak sisa di pencernaan jika lemak sudah menumpuk di saluran pencernaan lama-kelamaan akan menjadi kolesterol, jika sudah begini akan mengancam kesehatan jantung kamu.
# Mencegah kanker prostat - Susu kedelai sangat bagus untuk mencegah kita terkena kanker prostat, mengapa begitu? karena kedelai kaya akan kandungan phytoestrogen, ini adalah sebuah hormon unik yang dapat mengusir produksi hormon testosteron berlebih di tubuh. karena kelebihan hormon testosteron pada merupakan undangan bagi penyakit yang bernama kanker prostat.
# Mencegah sindorm post-menopause - Ketika seseorang memasuki masa menopause, produksi hormon estrogen di tubuh akan menurun drastis, hal inilah yang menjadi penyebab utama munculannya berbagai gangguan kesehatan di masa tua. Pada usia menopause ini seseorang memiliki risiko lebih tinggi terserang berbagai macam penyakit seperti liver, diabetes, dan obesitas.
Terkadang jika seseorang telah Usia menopause banyak dari mereka yang mengalami depresi, perubahan mood tiba-tiba, insomnia, dan gangguan psikologis lainnya. Jadi untuk itu agar kita terhindar dari masalah kesehatan tersebut, minum susu kedelai merupakan pilihan yang paling tepat, karena susu kedelai memiliki kemampuan untuk pengganti hormon estrogen yang hilang pada usia menopause, selain itu, dengan mengkonsumsinya dengan teratur, maka akan melindungi kita dari sindrom post-menopause.
# Mencegah osteoporosis - Kandungan phytoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai memiliki khasiat mencegah untuk kita dari ancaman osteoporosis. Karena phytoestrogen ini dapat membantu untuk penyerapan kalsium lebih maksimal Serta mencegah hilangnya kalsium pada tulang.
Sumber : Merdeka.com | Foto : flickr.com