Ternyata Ini Ya, Gejala Kanker Payudara

Ternyata Ini Ya, Gejala Kanker Payudara
Kanker Payudara adalah penyakit yang disebabkan oleh sel-sel ganas yang bernama (kanker) yang tumbuh pada jaringan payudara. Sel-sel ini kanker ini biasanya muncul pada saluran lobula di payudara. Sel-sel ini juga apat menyebar pada jaringan atau organ tubuh lainnya. 

Bagi kaum hawa, payudara merupakan salah satu organ penting. Tak heran bila penyakit kanker payudara ini di kategorikan sebagai penyakit yang sangat mengerikan. Bila terdeteksi menderita penyakit kanker payudara ini, kebanyakan wanita mengalami stres dan depresi. Penyakit kanker payudara ini tak boleh dianggap remeh.

Penyebab kanker payudara?
Faktor penyebab kanker ini sampai saat ini belum dapat diketahui. Namun hal ini dapat ditelusuri dari sejarah keluarga yang pernah terdiagnosa kanker payudara, siklus menstruasi dini, atau mungkin faktor resiko pemicu tumbuhnya sel kanker. Karena sangat sulit untuk mengidentifikasi penyakit ini, masing-masing kita bisa memiliki resiko terkena kanker payudara ini. Oleh karena itu untuk mencegah kemungkinan terburuk terjadi, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja gejala kanker payudara, berikut penjelasannya :
Benjolan - Biasanya benjolan ini terdapat di bagian bawah kulit payudara, ukurannya sebesar kacang polong. Apa bila benjolan ini ditekan lalu bergeser-geser, berarti kanker payudaranya masih masuk dalam gejala awal dan bisa langsung ditangani. Akan tetapi apabila benjolannya sudah terasa keras dan tidak digeser lagi, artinya kanker sudah memasuki stadium lanjut.
Pembengkakan dan nyeri di bagian puting - Payudara yang terasa berat dan bengkak, ini perlu diwaspadai. Hal ini tidak seperti pembengkakan payudara yang terjadi pada wanita yang sedang hamil, pembengkakan akibatkan oleh kanker akan terlihat tidak sama besarnya, antara payudara yang kanan dan yang kiri.
Keluarnya cairan aneh - Biasanya Cairan yang keluar berbentuk darah atau nanah gitu, dan biasanya berwarna kuning kehijauan. Tapi biasanya cairan yang keluar tidak keluar terlalu banyak, adanya rasa nyeri pada permukaan payudara serta rasa gatal di sekitar puting. untuk masalah seperti ini lakukanlah konsultasi dengan dokter spesialis agar dapat dilakukan pemeriksaan ductogram, yaitu pemeriksaan kelenjar susu yang lewat mikroskop.
Perubahan warna dan tekstur kulit payudara - Biasanya apa bila terdapat sel kanker pada payudara, warna kulit payudara akan memerah dan permukaanya bersisik seperti kulit jeruk. Kulit payudara akan terasa kasar, yang disertai dengan timbulnya luka dan terasa panas. Biasanya pada ibu menyusui juga akan merasakan hal yang sama, tetapi bedanya permukaan kulit payudara tidak menyerupai kulit jeruk.
Puting tenggelam (nipple retraction) - Meskipun hal seperti ini jarang terjadi, pertumbuhan sel kanker di sekitar areola "lingkaran cokelat di sekitar puting" hal ini juga dapat menyebabkan menjorok ke dalam. Jika gejala seperti ini muncul tiba-tiba dan bertahan selama beberapa minggu, ada kemungkinan hal tersebut merupakan gejala kanker payudara.

Sumber : cleo.co.id | foto : Flickr.com