Cara Mencegah Penyakit Kanker Pada Anak

Cara Mencegah Penyakit Kanker Pada Anak
Dimanapun siapapun dan Orang tua manapun pasti tidak ada yang ingin anaknya terserang kanker. untuk itu agar sang anak tidak mengalaminya, orang tua harus mengetahui cara untuk menghindarinya.

Pada saat sekarang ini kasus penyakit kanker yang diderita oleh anak-anak kian lama kian meningkat dari tahun ke tahunnya. Di Indonesia saja, setiap tahunnya anak-anak yang terkena kanker diperkirakan mencapai 4100 kasus. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua mengenai penyakit kanker ini.

Banyaknya kasus kanker yang pada anak-anak tentu hal ini hendaknya menjadi menjadi perhatian bagi setiap orang tua. Karena Semua orang tua yang ada di dunia ini pasti berharap anaknya tumbuh dengan sehat dan terhindar dari yang namanya penyakit kanker. Berikut Ada beberapa Cara Mencegah Penyakit Kanker Pada Anak :

Lakukan pola hidup sehat - Melakukan pola hidup sehat merupakan hal penting untuk dapat mencegah kanker pada anak. Membiasakan pola hidup sehat dapat diajarkan pada anak-anak sejak dini. Latih anak anda untuk selalu membiasakan hidup sehat, seperti dengan  memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta melakukan rutin berolahraga. Vitamin yang terdapat Pada Buah dan sayuran  sangat baik untuk menangkal kanker. Sebaiknya Orang tua selalu menyertakan makanan ini dalam menu makan anak setiap hari. Anak yang sering mengkonsumsi buah akan memiliki risiko yang lebih kecil terkena kanker. Lalu Olahraga yang rutin seperti jalan-jalan di pagi akan membuat tubuh anak lebih bugar serta jauh dari kanker.
Berikan ASI - ASI merupakan salah satu nutrisi  yang sangat baik bayi dan baik untuk kekebalan tubuhnya. Pemberian ASI eksklusif yang dilakukan selama 6 bulan pertama kelahiran dapat membantu anak  terhindar dari kanker.
Jauhkan anak dari asap rokok - Asap rokok sangatlah berbahaya bagi kesehatan anak, terlebih lagi mengundang penyakit kanker pada anak. Jadi sebaiknya anda sebagai orang tua dapat menjauhkan asap rokok dari anak-anak. Jika dalam keluarga anda ada yang merokok, berilah pengertian untuk tidak merokok di dekat anak-anak.
Batasi asupan gula dan garam - Mengkonsumsi gula dan garam berlebih ternyata dapat menjadi pemicu penyakit kanker pada anak. Dalam hal ini orang tua harus bijak dalam memberikan asupan nutrisi terhadap anak-anaknya. Selain itu, hindarkan anak anda untuk agar jajan sembarangan, karena saat sekarang ini banyak jajanan mengandung kadar gula dan garam sangat tinggi serta mengandung zat-zat berbahaya yang memicu kanker pada anak.
Hati-hati pestisida - Cucilah buah dan sayuran hingga bersih sebelum dimakan atau dimasak. Karena bisanya Pada Buah dan sayuran terdapat bahan pestisida yang dapat memicu penyakit kanker pada anak.
Jauhkan anak dari polusi asap kendaraan - Penyakit kanker pada anak juga dapat terjadi karena polusi asap motor dan mobil. Tetapi jika anda tinggal di kota-kota besar, polusi asap kendaraan memang sulit untuk dihindari. Anda sebagai orang tua dapat melindungi anak anda dengan menggunakan masker saat mengajaknya bepergian.

Itulah beberapa  Cara Mencegah Penyakit Kanker Pada Anak, semoga artikel ini bermanfaat

Sumber : ibudanmama.com | Foto : Flickr.com