5 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anda

5 Makanan Untuk Meningkatkan Kesehatan Mata Anda
Penglihatan kita sangat berharga. Kabar buruknya adalah banyak dari orang dewasa di indonesia ini membutuhkan kacamata untuk membaca. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa pola makan dan kebiasaan gaya hidup sehat lainnya dapat membantu menjaga kesehatan mata yang optimal.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan membiasakan makan makanan sehat, dapat mengurangi risiko  masalah kehilangan penglihatan berkurang sebesar 25%. Studi ini melibatkan ribuan orang dan dilakukan di antara kelompok usia 55-80 selama beberapa tahun.

Dikutip dari lifehack.org Berikut adalah lima makanan yang Anda harus makan untuk menjaga kesehatan mata dan agar selalu awet muda.


1. Wortel dan labu

Karotenoid adalah nutrisi yang banyak terdapat pada sayuran atau buah buahan yang berwarna oranye dan kuning,  seperti wortel, labu, ubi jalar, paprika merah manis, melon dan aprikot kering.

Karotenoid ini mengandung lutein yang melindungi macula (bagian dari retina) dari kerusakan akibat sinar ultra violet. The American Optometric Association mengatakan bahwa kita perlu hingga 10 mg lutein setiap hari untuk menjaga kesehatan mata kita. usahakan jangan terlalu lama memasak sayuran, karena hal ini dapat menurunkan kadar karotenoid yang terdapat didalamnya. tetapi beda dengan adalah wortel yang dapat dimasak dengan baik untuk mendapatkan manfaat maksimal.

2. Bayam dan kangkung

Bayam dan sayuran berdaun hijau  lainnya tidak hanya mengandung karotenoid tetapi juga zeaxanthin. Ini, bersama dengan lutein yang bisa membantu untuk menjaga makula dalam keadaan prima. Para ahli mengatakan bahwa cukup dengan makan sekitar 10 ons bayam atau kangkung seminggu untuk mendapatkan cukup nutrisi pentingnya. Bayam sangat kaya akan vitamin dan mineral yang juga dapat membantu mencegah kanker.

3. Almond

Salah satu vitamin yang paling efektif dalam melindungi mata Anda adalah vitamin E. Hal ini ditemukan dalam jumlah besar dalam kacang-kacangan, terutama almond. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang dapat mencegah radikal bebas merusak sel-sel.

Penelitian The AREDS  juga menyebutkan bahawa vitamin E adalah daftar vitamin penting untuk membantu mencegah katarak dan degenerasi makula. Karena perlu diingat bahwa enyebab utama kebutaan bagi orang-orang yang berusia di atas 55 di dunia adalah katarak.

4. Jeruk dan jeruk

Setiap buah yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu untuk mempertahankan kesehatan mata. Sebagian besar buah mengandung vitamin C, sehingga Anda memiliki berbagai pilihan. Satu cangkir jus jeruk murni bisa memberikan 124 miligram vitamin C. Jika Anda tidak dapat menemukan jeruk dengan mudah, paprika merah manis mengandung tiga kali jumlah vitamin C sehingga dapat pengganti yang lebih baik!

Satu studi telah menunjukkan bahwa dengan peningkatan asupan vitamin C bersama-sama dengan kelompok vitamin E dan nutrisi lainnya, akan terhindar dari masalah kesehatan mata.

5. Omega 3 makanan

Makanan seperti tuna, salmon, makarel, sarden, kenari dan minyak canola kaya akan omega 3. Karena tubuh tidak dapat memproduksi  omega 3 sendiri, satu-satunya pilihan terbaik untuk mendapatkannya adalah dari makanan atau melalui suplemen.

Apa fungsi omega 3 yang berkaitan dengan kesehatan mata? Penelitian yang disebutkan oleh Universty of Maryland Medical Center. Mereka memberi kuesioner untuk 3.000 orang. Data menunjukkan bahwa mereka yang makan lebih banyak ikan dengan omega 3 cenderung terhindar masalah penurunan kemampuan fungsi penglihatan seperti katarak atau degenerasi makula.

Sumber  : lifehack.org | Foto : Flickr.com