Ternyata Tidur Dengan Lampu Menyala Buruk Untuk Kesehatan

Ternyata Tidur Dengan Lampu Menyala Buruk Untuk Kesehatan
Siapapun pasti akan mengatakan bahwa kalau cahaya lampu di malam hari itu sangatlah perlu. Namun apa kamu tau, bahwa jika menggunakan cahaya lampu sepanjang malam atau tidak mematikan lampu saat tidur justru berdampak buruk bagi kesehatan. Pada Beberapa penelitian menunjukkan bahwa cahaya lampu yang menyala sepanjang malam dapat mempengaruhi hormon dalam tubuh, bisa mengganggu kesehatan mata, dan bahkan bisa meningkatkan berisiko pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Seperti yang dikutip laman dailymail.co. uk, cahaya lampu yang berlebihan saat tidur ternyata mampu mengganggu konsentrasi seseorang, baik itu pada anak-anak dan remaja. tak hanya itu saja, teman study yang dilakukan pada salah satu Medical Center di Salem membuktikan bahwa wanita yang tidur dengan lampu menyala, dapat memiliki risiko terkena kanker payudara lebih tinggi dibandingkan denagan mereka yang memilih tidur dengan cahaya remang-remang.

Dan berikut beberapa alasan kenapa tidur dengan lampu yang menyala bisa berdampak buruk untuk kesehatan :

Saat Kamu memilih tidur dengan lampu yang bersinar terang, hal ini akan bisa mengganggu kesehatan matamu. jika cahaya lampu yang kamu gunakan saat tidur agak terang, pada saat matamu tertutup, hal ini dapat meningkatkan kerusakan pupil matamu. Akibat cahaya lampu yang terang tersebut, mata masih bisa merasakan cahaya yang ada di sekitarnya. Jika hal seperti ini terjadi secara terus menerus, maka hal ini sangat sangat berdampak buruk bagi kesehatan matamu.

Saat kamu menutup mata, sedangkan masih ada cahaya lampu di sekitarmu yang menyinari matamu, dipastikan matamu akan merasakan adanya cahaya itu. Selain hal seperti ini dapat mengganggu kesehatan mata, tidur dengan lampu yang menyala mampu membuat kamu gelisah dan depresi.

Pada Beberapa penelitian membuktikan bahwa cahaya lampu saat tidur dapat menghambat pertumbuhan melatonin. Melatonin ini sendiri adalah salah satu hormon yang bisa membantu daya meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh. Tak hanya itu teman, melatonin juga dapat melancarkan peredaran darah serta menghambat pertumbuhan lemak pada jaringan tubuh.

Pada Saat pertumbuhan melatonin terhambat karena adanya efek cahaya lampu pada saat kamu tidur, bisa dipastikan bahwa hal ini dapat memicu meningkatnya risiko diabetes dan kegemukan.  Tak hanya mampu meningkatkan risiko diabetes dan gula darah, cahaya lampu malam hari saat tidur juga akan dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat ditakuti dan amat berbahaya. Kanker ini sendiri tidak memandang bulu, siapa yang akan ia menyerang. Baik itu anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua. Pada senuah Study yang dilakukan di Ohio State University Medical Centre mengatakan bahwa cahaya buatan dari lampu pada malam hari saat tidur dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Dan bagi kamu hawa, kanker payudara dan kanker usus sangat mudah menyerang karena kebiasaannya tidur menggunakan lampu yang menyala. Sedangkan Bagi kaum Adam, tidur dengan lampu menyala Akan lebih berisiko meningkatkan kanker prostat. Karena pada saat kekebalan tubuh seseorang melemah yang disebabkan oleh melatonin yang tidak berkembang dengan baik, bisa dipastikan bahwa tubuhnya akan sangat mudah terserang penyakit yang berbahaya termasuk kanker.

Suasana tidur dengan lampu menyala terang dan lampu redup atau mati saat tidur memiliki perbedaan yang cukup jauh. Saat kamu memilih tidur dengan lampu redup redup atau sedikit cahaya, hal ini dapat membuat pikiran dan suasana hatimu jadi lebih tenang. Suasana akan terasa lebih tenang dan segar ketika kamu memilih tidur dengan lampu redup.

Sedangkan jika kamu memilih tidur dengan lampu yang menyala, cahaya lampu yang terang akan mempengaruhi kecemasan dan suasana hatimu. Pada sebuah study menunjukkan bahwa lampu menyala pada saat tidur akan dapat meningkatkan perasaan cemas yang akan membuat seseorang mengalami insomnia. Cahaya lampu yang terang juga dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang.

Itulah sedikit alasan mengapa tidur dengan lampu yang menyala berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi kamu yang takut gelap dan memilih tidur dengan lampu yang menyala, usahakan untuk memilih lampu yang agak redup cahanyanya. Disarankan Pilihlah lampu dengan warna-warna lembut dan membuat pikiranmu tenang.

Sumber : vemale.com | Foto: Flickr.com