Ternyata Sinar Matahari Bagus Untuk Kesehatan

Ternyata Sinar Matahari Bagus Untuk Kesehatan
Sejumlah ilmuwan menunjukkan bahwa banyak manfaat kesehatan dari paparan sinar matahari daripada risiko. Para peneliti dari University of Edinburgh di Inggris, misalnya, secara khusus menunjukkan bahwa manfaat kesehatan jantung dari paparan sinar matahari jauh lebih besar daripada risiko pengembangan kanker kulit. Berikut ini manfaat kesehatan besar paparan sinar matahari sedang Anda benar-benar harus tahu tentang hal ini.


1. Paparan sinar matahari menurunkan tekanan darah.
Dalam sebuah studi tengara, sekelompok peneliti di University of Edinburgh menemukan bahwa senyawa yang disebut nitric oxide yang membantu menurunkan tekanan darah dilepaskan ke dalam pembuluh darah secepat sinar matahari menyentuh kulit. Tak hanya itu, sinar matahari dapat merangsang produksi vitamin D. Richard Weller, Dosen Senior di Dermatology, menemukan bahwa paparan sinar matahari tidak hanya dapat meningkatkan kesehatan, tetapi juga memperpanjang hidup. Itu karena manfaat menurunkan tekanan darah meliputi risiko pemotongan serangan jantung dan stroke. Manfaat ini, mengatakan, Weller "jauh lebih besar daripada risiko terkena kanker kulit."

2. Paparan sinar matahari meningkatkan kesehatan tulang.
Ini adalah fakta yang diketahui bahwa vitamin D dapat menstimulasi penyerapan kalsium tulang-penguatan dan fosfor dalam tubuh. Namun, penelitian juga menunjukkan ada korelasi langsung antara kepadatan tulang dan vitamin D3. Vitamin D3 adalah vitamin yang larut dalam lemak yang terbentuk selama proses pembuatan Vitamin D ketika sinar matahari menyentuh kulit. Ini mengatur penyerapan kalsium. Bila Anda memiliki kadar vitamin D3 dalam darah Anda, Anda berada pada risiko lebih rendah menderita patah tulang dari hampir semua jenis. Di sisi lain, rendahnya tingkat vitamin D3 dalam darah berhubungan dengan tingkat yang lebih tinggi dari semua jenis patah tulang. Inilah sebabnya mengapa paparan sinar matahari sangat penting untuk kesehatan tulang pada orang dewasa yang lebih tua.

3. Paparan sinar matahari meningkatkan fungsi otak.
Selain untuk kesehatan tulang dan mengatur kadar kalsium, para ilmuwan kini mengkaitkan vitamin D dengan sejumlah fungsi seluruh tubuh, termasuk fungsi otak. banyak studi telah menemukan sinar matahari bisa membantu memacu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur dan menyimpan kenangan.

4. Paparan sinar matahari memudahkan depresi ringan.

Paparan sinar matahari dapat meningkatkan kadar antidepresan alami di otak yang benar-benar dapat membantumu meringankan depresi ringan. Itu karena pada hari-hari cerah otak memproduksi lebih banyak serotonin, zat kimia suasana hati mengangkat, dibandingkan pada hari-hari gelap.

5. Paparan sinar matahari meningkatkan kualitas tidur.
Ketika sinar matahari mengenai mata kita, pesan akan langsung dikirim ke kelenjar pineal di otak dan produksi melatonin (hormon yang membuat kita mengantuk dan membantu kita tidur lebih nyenyak).

6. Paparan sinar matahari menyembuhkan beberapa gangguan kulit.
Sinar matahari meningkatkan penyembuhan dari gangguan kulit, seperti jerawat, psoriasis, eksim, penyakit kuning dan infeksi kulit jamur lainnya. Sementara paparan sinar matahari memiliki efek terapi pada kulit dan sinar matahari dapat mengobati gangguan kulit, namun metode pengobatan alternatif ini harus dilakukan di bawah pengawasan medis untuk mencegah efek samping negatif radiasi UV dan untuk memastikan manfaat lebih besar daripada risiko.

7. Paparan sinar matahari meningkatkan pertumbuhan pada anak-anak.
Manfaat ini terutama berlaku untuk bayi. Studi mengungkapkan jumlah paparan sinar matahari dalam beberapa bulan pertama kehidupan bayi memiliki efek pada seberapa tinggi anak tumbuh. Banyak budaya di seluruh dunia mengakui kenyataan ini bahwa matahari dapat meningkatkan pertumbuhan dan tinggi anak.

8. Paparan sinar matahari meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Paparan sinar matahari dapat membantu menekan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif, yang dapat menjelaskan mengapa sinar matahari digunakan untuk mengobati penyakit autoimun seperti psoriasis. Dan karena sel-sel darah putih meningkat dengan paparan sinar matahari dan mereka memainkan peran kunci dalam memerangi penyakit dan mempertahankan tubuh terhadap infeksi, paparan sinar matahari yang moderat sangat membantu untuk sistem kekebalan tubuh.


Intinya:
Sinar matahari memang memiliki manfaat, Para ahli merekomendasikan tidak lebih dari 15 sampai 20 menit setiap hari sinar matahari langsung untuk orang dewasa yang sehat. Setelah itu, oleskan tabir surya dengan minimal Sun Protection Factor (SPF) 30. Ingat warna kulit, di mana Anda tinggal dan berapa banyak kulit Anda mengekspos ke matahari mempengaruhi berapa banyak vitamin D Anda dapat.

Sumber : lifehack.org | Foto : Flickr.com