Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur

Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur
Masalah kesehatan yang disebabkan oleh pola makan seperti obesitas dan diabetes sudah sangat umum terjadi, Namun masalah kesehatan seperti ini makin hari makin banyak orang yang mengalaminya. Hal ini disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Salah satu hal yang juga sering menyebabkan masalah kesehatan adalah jam makan malam yang terlalu malam. Hal ini sungguh tidak dianjurkan, karena banyak masalah kesehetan yang ditimbulkan apabila seseorang makan sebelum akan tidur. apalagi makanan yang dimakan itu adalah makanan berat. Pada saat tidur sistem dalam tubuh kamu akan berhenti bekerja. jika sudah seperti ini maka sistim pencernaan makanan pun juga ikut berhenti, jika sudah berhenti tentu proses pencernaan makan juga tidak sempurna. Maka dari itu teman, kamu disarankan untuk makan malam lebih awal atau jauh sebelum kamu akan tidur agar agar kamu terhindar dari berbagai macam masalah kesehatan. Berikut Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur :
Meningkatnya asam lambung - Makan malam sebelum tidur itu berbahaya karena ketika tubuh sudah tertidur juga ikut berhenti bekerja.  jadi Apabila kamu makan makanan berat sebelum tidur, kemungkinan kamu akan merasakan tidak nyaman ketika berbaring. dan tidak hanya itu, karena makanannya sulit untuk dicerna, asam lambung pun akan meningkat, apabila asam lambung meningkat akan dapat mengakibatkan rasa seperti terbakar di perut dan terjadinya luka pada dinding lambung kamu.
Obesitas - Penelitian menunjukkan bahwa obesitas dan makan malam memiliki hubungan yang sangat erat. Hal ini karena sistem penceraan pada saat kita tidur tubuh tidak dapat berlangsung dengan baik. Selain itu teman, sistem metabolisme tubuh cenderung melambat. Makan malam lebih awal membantu anda meminimalkan risiko untuk mengalami obesitas.
Serangan stroke - Pada sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina, Yunani, menunjukkan bahwa tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko kamu mengalami serangan stroke. Penelitian ini melibatkan 500 responden orang sehat, dan mereka menemukan bahwa orang yang memiliki jeda lama antara waktu makan dan tidur mempunyai risiko lebih rendah untuk terkena serangan stroke.
Lalu Kenapa tidur setelah makan malam itu bisa menyebabkan terkena serangan stroke?
Ada dua teori yang dapat menjelaskan hasil penelitian ini. yang pertama, stroke itu dapat terjadi karena kerasnya kerja sistem pencernaan, yang mana hal ini akan berdampak pada meningkatnya tekanan darah, serta dapat menyebabkan meningkatnya kolesterol dan kadar gula darah yang nantinya akan dapat memicu terjadinya serangan stroke. Teori kedua menjelaskan bahwa apabila kamu segera tidur setelah makan mungkin akan dapat meningkatkan terjadinya "apnea tidur" atau nafas yang terhenti selama kamu tidur, yang mana hal ini dapat menyebabkan kamu terkena serangan stroke.

Faktanya Tubuh tubuh kita ini mempunyai jam alami terhadap pencernaan. Di atas jam 5 sore itu merupakan di mana tubuh akan menjalankan proses pencernaan makanan. Oleh karena itu teman, janganlah membebani kerjanya dengan makan terlalu banyak. Waktu yang disarankan untuk makan malam adalah sebelum pukul 7 malam.

Sumber : artikelkesehatan99.com | Flickr.com