Mitos Vs Fakta Penyakit Diabetes

Mitos Vs Fakta Penyakit Diabetes
Penderita Penyakit diabetes mencapai lebih dari 8 juta jiwa di Indonesia, Penyakit pembunuh ini tentu menjadi bahan diskusi yang sangat menarik untuk dibahas. Bahkan banyak pendapat-pendapat dan mitos-mitos yang beredar di masyarakat mengenai penyakit diabetes ini.

Hari ini kita akan membahas beberapa pendapat umum seputar Diabetes, kita akan mencari tahu mana yang fakta dan mana yang merupakan mitos belaka.
Penyakit Diabetes itu hanya menyerang orang tua - Dulu orang percaya kalau diabetes ini adalah penyakit yang hanya bisa menyerang orang tua saja. Tapi Ini hanya Mitos. Karena faktanya, belakangan ini banyak ditemukan kasus diabetes yang telah terkena pada anak usia muda. Hal ini disebabkan karena Pola hidup dan asupan makanan yang tidak sehat serta anak-anak muda sekarang cendrung memakan makanan yang serba instan. Karena hal seperti itulah yang menyebabkan makin banyaknya kasus diabetes terjadi pada anak2 muda.
Orang tuanya Diabetes, Anaknya pasti Diabetes - Jika orang tua terdiagnosa penyakit diabetes, apakah sang anak juga akan terkena diabetes? Hal ini juga tidak benar. Memang diabetes ini merupakan penyakit ini bisa diturunkan secara genetik, akan tetapi hal ini bukanlah hal yang pasti terjadi. Selain faktor genetik, faktor gaya hidup yang kurang sehat berperan dalam penyerangan penyakit berbahaya ini.
Penyakit Diabetes itu tidak dapat dicegah - Banyak orang yang pasrah ketika orang tua mereka terkena diabetes, karena mereka berpikir apabila ayah atau ibu mereka sudah terkena diabetes maka satu hari juga akan terkena diebetes. Hal itu adalah hal yang sangat keliru, dan hanya mitos. Karena jika mereka selalu menjalankan pola hidup sehat dan selalu memakan asupan makanan yang sehat kemungkinan mereka untuk terkena diabetes juga akan berkurang.
Tidak boleh makan Karbohidrat - Mitos lainnya tendang diabetes yang banyak beredar di masyarakat adalah: jika mereka sudah di-diagnosa diabetes, seseorang itu tidak boleh makan nasi atau makanan yang banyak mengandung karbohidrat sama sekali. Jawaban Yang benar adalah, memang sumber makanan karbohidrat itu mengandung kalori yang sangat tinggi, akan tetapi bukan berarti arang yang terkena diabetes tidak boleh makan nasi sama sekali.
Yang paling tepat adalah dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat dalam jumlah dan takaran yang dibatasi. Lalu pilihlah karbohidrat yang tepat, seperti gandum karena gandum ini mengandung banyak serat serta memiliki kandungan Glycemic Index yang rendah.
Pasien Diabetes itu harus menggunakan Insulin - Mitos. Tidak semua penderita diabetes itu harus menggunakan insulin. Ini tergantung kepada tipe diabetes yang dideritanya, ada pasien diabetes yang bisa menggunakan obat oral saja, dan ada pula pasien diabetes yang memerlukan insulin. Hal yang paling penting dari terapi diabetes adalah dengan mengkombinasikan antara pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan pada beberapa kasus dokter menganjurkan pasien diabetes perlu dibantu dengan konsumsi obat oral dan penggunaan insulin.
Itulah beberapa mitos dan fakta mengenai diabetes, untuk itu selalu jaga kesehatan anda dan jagalah asupan makan anda agar mendapat kualitas hidup yang lebih baik.
Sumber  : http://meetdoctor.com/