Minuman Yang Boleh dan Tidak Boleh diminum Ibu Hamil

Minuman Yang Boleh dan Tidak Boleh diminum Ibu Hamil
Semua orang sudah tau bahwa minuman Alkohol itu barbahaya bagi ibu hamil. Demikian juga dengan  minuman berkafein, karena ini sangat berbahaya bagi janin. Tidak hanya itu ada penemuan baru-baru  menemukan bahwa minuman seperti soft drink juga biasa meningkatkatkan resiko bayi lahir prematur.

Akan tetapi walaupun demikian banyak minuman yang dilarang untuk diminum oleh ibu hamil,  pada saat hamil tetap dianjurkan untuk banyak minum agar sang ibu tetap kuat, tapi bukan minuman seperti diatas. Kolumnis pada HealthNews menyebutkan bahwa ibu hamil itu harus banyak minum air, hal ini agar ibu hamil terhindar dari dehidrasi saat hamil, karena saat hamil tubuh sangat banyak membutuhkan asupan cairan.

Tapi apakah bunda tau, apa saja sih minuman yang dilarang dan yang boleh diminum pada saat hamil? berikut ulasannya:
Banyak-banyaklah minum air - Baik itu air putih biasa atau air berasa. ya mungkin jika minum air putih biasa membosankan, bunda bisa mencoba air hangat ditambah jeruk supaya minumannya lebih segar. hal itu boleh-boleh saja, asalkan minuman yang bunda minum itu sehat. Atau Air kelapa. Minuman kaya elektrolit, bebas kolesterol, bebas lemak serta mengandung banyak potassium yang sangat bagus untuk sistem pencernaan.
Jangan minum kopi, teh hitam atau teh hijau, soda berkafein - memang dianjurkan untuk banyak minum tapi jangan minum minuman yang berkafein karena dapat menghambat penyerapan zat besi yang masuk dalam tubuh, tidak hanya itu kafein juga dapat melarutkan kalsium dari darah.
Zat besi dan kalsium sangat bagus untuk perkembangan janin sehat.
Jangan sekali-kali minum soda dan jus yang memakai pemanis tambahan - Mengurangi konsumsi gula halus bagus untuk kesehatan janin.  
Perbanyak minum jus murni - Buah organik adalah pilihan terbaik. Jika bunda tidak memiliki juicer dirumah, bunda bisa membeli jus yang ada di toko, asalkan jus yang beli itu 100% buah.
Jangan minum alkohol -  semua minuman beralkohol sangat berbahaya bagi kesehatan janin karena alkohol bisa menyebabkan pertumbuhan janin jadi tidak normal bahkan menyebabkan keguguran.
Banyak minum susu - Susu bagus untuk kesehatan tubuh dan juga janin, akan tetapi hindarilah minum susu murni karena mengandung banyak lemak, susu terbaik untuk ibu hamil adalah susu skim dan susu tanpa lemak.
Disarankan agar ibu hamil minum tiga gelas susu setiap harinya karena kalsium yang terdapat pada susu bagus untuk perkembangan janin. 
Terakhir, jangan pernah lupa untuk selalu membaca label nutrisi minuman yang bunda minum, karena terkadang minuman itu mengandung banyak kafein dan gula.

Sumber : health.liputan6.com | Foto : Flickr.com