Cara Mengatasi Demam Pada Anak di Musim Hujan

Cara Mengatasi Demam Pada Anak di Musim Hujan
Bunda, Pada saat musim hujan seperti ini, kita sebagai orang tua harus dengan ekstra memperhatikan kesehatan anak-anak kita. karena jika sudah musim hujan seperti ini virus dan bakteri sangat banyak sekali berkeliaran dan siap untuk menyerang mereka. Penyakit yang biasa menyerang anak pada  musim hujan seperti ini adalah pilek, batuk dan flu. serta demam ringan hingga demam berbahaya dapat menyerang anak bahkan kita orang dewasa.

Usia anak-anak merupakan usia yang sangat rentan terhadap berbagai macam penyakit, salah satunya adalah demam. Tidak jarang kita sebagai orangtua mengalami kekhawatiran pada saat anak terkena demam tinggi pada musim hujan seperti ini. Oleh kerena itu Bunda, agar kekhawatiran dapat Dapat terobati, webmd.com Menjelaskan Cara Mengatasi Demam Pada Anak di Musim Hujan :
Cari Tahu Suhu Anak - Cari tahu suhu badan si-anak dengan tenang menggunakan termometer. Pastikan Bunda mengambil suhu yang benar serta di tempat yang benar pula. Tempat yang paling pas untuk mengetahui suhu tubuh anak adalah di mulut, ketiak serta lipatan siku tangan. Ketika Bunda telah mengetahui suhu badannya, maka barulah Bunda dapat memutuskan pertolongan pertama apa yang dapat diberikan pada anak.
Kompres Dahi Anak - Bagi sebagian orang, mengompres dahi anak merupakan hal sepele. tetapi mengompres dahi anak sangat efektif untuk menurunkan suhu tubuh anak pada saat demam. Gunakanlah air dingin Mengkonpres Ketika Anak Anda Sedang demam Gunakanlah air dingin agar suhu badannya cepat turun.
Pastikan Anak Minum Cukup - Pada saat anak terserang demam cariran tubuhnya akan banyak berkurang. Untuk Itu Bunda usahakan agar anak anda bersedia minum yang cukup di saat ia sedang demam. Karena dengan minum cukup air pada saat demam, akan bisa membuat sirkulasi cairan dalam anak serta bakteri penyebab demam dapat keluar bersama keringat dan urin.
Panggil Dokter Anak - Ketika panas demam anak anda tidak turun dalam kurun waktu 24 jam, jangan ragu untuk segera memanggil dokter. hal ini dilakukan untuk mengantisipasi keadaan lebih buruk, dan lagi Dokter dapat memeriksa anak dan memberikan resep untuknya.
Pakaian yang hangat - Pastikan anak anda memakai pakaian yang hangat di musim hujan seperti ini, apalagi saat dia sedang tidak enak badan. Kedinginan pada musim hujan atau pendingin ruangan, bisa jadi merupakan pemicu menurunnya kekebalan tubuh anak, sehingga ia mudah terserang demam.
Kebersihan Makanan dan Tubuh - Kebersihan makanan dan tubuh sangatlah perlu dijaga pada saat musim hujan seperti ini. Saat anak anda terserang demam pastikan anda memberikan makanan yang bernutrisi dan bersih. dan lagi ketika si anak dalam keadaan demam kebersihan tubuhnya haruslah dijaga dengan baik. Tidak harus mandi untuk menjaga kebersihan tubuhnya, tapi cukup dengan mengelap tubuh anak menggunakan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Untuk itu Bunda, Pada saat musim hujan melanda, kesehatan anak harus dipantau ketat. karena dengan suhu udara yang dingin dapat membuat daya tahan tubuh anak melemah sehingga mudah terserang penyakit.

Sumber : Vemale.com | Foto : Flickr.com