Cara Mencegah Flu Singapura Pada Anak

Cara Mencegah Flu Singapura Pada Anak
Saat musim hujan seperti sekarang ini, banyak penyakit yang berdatangan dan siap untuk menyerang siapa saja termasuk anak-anak. Namun terkadang, anak-anak itu suka sekali bermain hujan. Mereka seakan tak peduli kalau penyakit sewaktu-waktu bisa saja menyerang mereka. penyakit yang baru-baru ini sering mengerang anak-anak adalah flu singapura. tentu kita sebagai orang tua juga tidak ingin anak kita terkena penyakit flu singapura ini.
Apa Bunda tau, apa itu flu singapura? Flu Singapura adalah sebuah virus yang sering menyerang bayi dan anak-anak yang dibawah usia 10 tahun, flu ini bersifat self-limited disease. Penyebab flu singapura ini adalah sebuah virus yang bernama Enterovirus 71 (HEV71) dan Coxsackie A16 (CAV16). Virus ini dapat berkembang biak pada saluran pencernaan anak. Penularannya ini dapat melalui udara seperti batuk, bersin, atau feses orang yang sudah terinfeksi Flu Singapura. 

Seperti yang dimuat pada meetdoctor.com Flu Singapura ini dapat menimbulkan ruam atau  luka-luka  di sekitar mulut, tangan dan kaki. Meskipun luka ini dapat hilang sendirinya dalam kurun waktu satu minggu, namun luka-luka ini tetap akan terasa sangat sakit terasa oleh anak kita. "kasihan kan?".

Adapun gejala dari flu Singapura ini adalah dengan timbulnya demam dan suhu tubuh anak meningkat, nafsu makan menurun, sakit pada tenggorokan, dan anak mudah lelah. Selain itu bunda, gejala flu singapura ini juga dapat dilihat dari timbulnya ruam di daerah mulut seperti bibir, lidah, bagian pipi, langit-langit dan gusi yang dapat membesar dan menimbulkan rasa nyeri.

Untuk itu bunda, agar si kecil tidak terkena penyakit flu yang satu ini, kali ini kita akan membahas bagaimana cara mencegah flu Singapura pada anak:
Menggunakan cairan pencuci mulut - Cairan pencuci mulut dapat Bunda jadikan pilihan untuk meringankan rasa nyeri di daerah mulut si anak serta dapat meningkatkan asupan cairan tubuh anak untuk menghindari dehidrasi karena ketika anak dehidrasi akan mudah terserang penyakit.
Mengajarkan pola hidup sehat pada anak - Ajarkan pada anak untuk Selalu mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir, karena dengan begitu resiko anak terkena flu singapura dapat terhindarkan.
Hindari kontak fisik erat - hindari anak melakukan kontak fisik erat maksudnya? seperti memeluk, mencium, menggunakan peralatan makan yang sama dengan anak yang sedang sakit lainnya.
Istirahat di rumah - Jika cuaca tidak begitu baik anak suruh lah anak untuk bermain hanya di dalam rumah dan istirahat dirumah, karena jika daya tahan tubuh anak tidak terlalu kuat akan mudah terserang penyaki
Walaupun pada beberapa kasus, flu Singapura ini dapat sembuh sendiri. tapi tak sedikit juga, yang harus bermalam dan menginap di rumah sakit.

Sumber: Vemale.com | Foto : Flickr.com