Cosplay Itu Apa ya..?

cosplay girls wallpaper, naruto wallpaper, hinata wallpaperPada saat sekarang banyak hobi-hobi baru yang banyak disukai oleh anak-anak muda, terutama bagi mereka yang menyukai produk-produk dan budaya jepang, fenomena ini sudah merebak keseluruh dunia termasuk di indonesia. Fenomena itu adalah Cosplay. mungkin teman-teman ada yang pernah ber-cosplay atau sekedar penggemarnya saja. tapi sebelumnya ada yang tau gak. apa itu cosplay?

cospaly itu adalah sebuah hobi atau pertunjukan dimana pelakunya biasa mengenakan pakaian dan riasan wajah seperti tekoh-tokoh kartun atau anime, karakter game dan sejenisnya. sebutan bagi seorang cosplay adalah cosplayer. Tapi, apakah kamu tau sejak kapan cosplay ini tercipta?

Sejarah Cosplay

pada 1960, para penggemar cerita dan film fiksi ilmiah di Amerika, mereka sering mengadakan konfeksi fiksi ilmiah gitu, dan pada konvensi ini peserta biasa mengenakan kostum seperti tokoh-tokoh film fiksi Star Trek. Memang sejak dahulu Amerika sudah mengenal bentuk-bentuk pesta topeng  yang unik-unik gitu.

lalu pada tahun 1970 tradisi konveksi ini merebak sampai ke negara jepang, karena manurut mereka memakai kostum-kostum seperti ini merupakan satu hal yang sangat menarik, sedangkan peragaan cosplay di jepang pertama kali dilankukan pada tahun 1978.

dengan banyaknya peminat cosplay, sedikit demi sedikit majalah anime di Jepang mulai memuat berita tentang acara cosplay. Liputan besar-besaran  tentang cosplay pertama kali dilakukan oleh majalah Fanroad. Pada Edisi tersebut mereka memuat berita khusus kelompok anak-anak muda yang disebut “Tominoko-zoku” pada saat itu kelompok mengenakan kostum robot Gundam. Dan  Kelompok “Tominoko-zoku” ini,  merupakan lawan tandingan bagi kelompok Takenoko-zoku (kelompok anak muda berpakaian aneh gitu). Istilah “Tominoko-zoku” ini sediri diambil dari nama sutradara serial animasi Gundam, tapi sebenearnya artikel yang dimiat dalam majalah itu hanya sekedar untuk mencari sensasi saja, tapi walaupun begitu artikel ini berhasil menjadikan “cosplay” ini sebagai istilah umum pada kalangan penggemar anime.

Begitulah kira-kira sejarah terciptanya cosplay, jika ada salah-salah dala penulisan kata mohon maaf ya, semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai ketemu lainwaktu.