Ternyata pisang dapat merubah mood

pisang dapat merubah mood

Buah pisang merupakan yang sangat banyak ditemukan pada tropis, buah pisang memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstrur daging buah yang sangat lembut serta lezat untuk dinikmati langsung ataupun diolah terlebih dahulu. tak hanya memiliki rasa yang nikmat tetapi buah pisang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, buah pisang sangat kaya akan kandungan kalium, magnesium vitamin B6 dan vitamin C. Jadi tak heran kalau buah pisang ini menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi. selain itu buah pisang ini ternyata juga mampu membantu tubuhmu dalam penyerapan kalsium, nitrogen, dan fosfor yang mana hal ini sangat bagus untuk regenerasi jaringan. Bagi ibu hamil, banyak mengonsumsi buah pisang akan sangat bagus untuk perkembangan janin. Karena pada pisang juga banyak terdapat asam folat dan kalium.

tapi dari sekian banyak manfaat buah pisang tadi ternyata masih ada lagi manfaat buah pisang yang harus kamu ketahui, menurut Food and Drug Administration (FDA) berikut adalah manfaat buah pisang bagi kesehatan:

Mempertahankan kesehatan Jantung
Buah pisang ternyata sangat baik untuk kesehatan jantung. hal ini karena, pada buah pisang terdapat kandungan kalium yang tinggi, kalium adalah salah satu elektrolit yang berperan penting dalam pembentukan impuls pada jantung, serta akan membantu mempertahankan kontraksi otot jantung tetap stabil. tak hanya itu teman, pisang rendah akan kandungan sodium sehingga hal ini dapat melindungimu dari bahaya tekanan darah tinggi.

Dapat memperbaiki suasana hati
Ternyata pisang juga dapat membantu mengatasi rasa depresi, hal ini karena pada buah pisang kaya akan kandungan tryptophan, zat ini selanjutnya akan diubah menjadi serotonin dan neurotransmitter, inilah yang akan membantumu merubah mood dari yang sedih menjadi lebih ceria. tak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B yang  dapat membantumu tidur lebih nyenyak serta  dapat merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga kamu akan dapat beristirahat dengan lebih nyaman.

Sehat untuk sistem pencernaan dan penurun berat badan
Pisang merupakan buah yang memiliki kandungan serat yang tinggi, yang mana hal ini dapat membantumu memperlancar sistem pencernaan. Bayangkan saja, pada satu buah pisang, sudah dapat mencukupi sekitar 10%  kebutuhan serat harianmu. tak hanya itu kandungan vitamin B6 yang terdapat pada pisang juga dapat melindungimu dari ancaman risiko diabetes tipe 2 dan membantu menurunkan berat badanmu. hal ini karena pisang dapat membuat kita kenyang lebih lama dengan rasanya yang manis sehingga menekan rasa lapar.

Kesehatan Tulang
Meskipun kandungan kalsium yang terdapat dalam buah pisang tidak terlalu tinggi, akan tetapi dengan rutin mengkonsumsi buah dapat membantumu dalam mempertahankan kesehatan tulang. pada sebuah jurnal yang berjudul "Journal of Physiology and Biochemistry" yang diterbitkan pada tahun 2009 lalu, mengungkapkan bahwa pisang kaya akan kandungan fructoogosaccharides – ini adalah suatu senyawa karbohidrat yang tak dapat dicerna,  senyawa ini mampu meningkatkan produksi probiotik pada saluran pencernaan, serta meningkatkan kemampuan tubuh untuk meyerap kalsium.

Mengurangi risiko kanker
pisang merupakan makanan yang sangat bagus untuk mengurangi risiko perkembangan sel kanker dalam tubuh, ini karena pisang memiliki kandungan fenolik dan antioksida. yang dapat membantu tubuh menangkal berbagai macam penyakit yang berbahaya seperti kanker.