Sayuran Kaya Kalsium Pengganti Susu

Sayuran Kaya Kalsium Pengganti Susu

Apa kamu sangat menyukai susu? jika ia itu merupakan satu hal yang sangat bagus, namun ada orang yang ingin minum susu tapi ia tidak biasa meminumnya karena ia alergi. Sungguh sangat disayangkan memang. Padahal, minum susu itu kan sangat baik untuk kesehatan, karena susu merupakan sumber protein dan kalsium yang sangat penting tulang.

Tapi tak usah cemas dan risau teman, karena walaupun kau seorang yang alergi susu, masih ada cara lain kok untuk mendapatkan protein dan kalsium di makanan lain. Seperti yang dilansir oleh health.com, ada banyak sayuran kaya akan kalsium yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti susu:
1# Brokoli - Terdapat sekitar 86 miligram kalsium pada 2 mangkuk brokoli mentah, banyak kan? namun jika brokolinnya sudah direbus atau ditumis kandungan kalsiumnya akan berkurang, untuk itu teman, brokoli akan lebih baik kamu konsumsi saat masih mentah, karena dengan begitu kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya akan tetap utuh. jika Kamu tidak terlalu suka memakan brokoli yang masih mentah, cara terbaik lain untuk menikmatinya adalah dengan cara menjadikan brokoli jus. tapi Selain kalsium, sayuran brokoli ini juga kaya akan antioksidan dam vitamin C. Brokoli juga bisa menurunkan risiko terkena kanker.

2# Bok Choy - Sayuran ini tak hanya kaya kalsium, tetapi bok coy juga memiliki tekstur lembut dan memiliki rasa yang sangat nikmat. terdapat sekitar 74 miligram kalsium pada 1 mangkuk bok coy. kamu dapat menikmati sayuran ini dengan cara menumis sebentar atau menjadikannya sebagai sup yang dapat air liur menetes. tapi teman, disarankan agar kamu jangan telalu lama menumis bok coy, karena hal ini akan membuat kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya berkurang. bok coy juga kaya akan kandungan vitamin A, vitamin C, dan kalium.
#3 Edamame atau kedelai hijau - jika kamu adalah seorang yang suka makanan yang berbahan dasar kedelai, maka tahu dan tempe adalah makanan yang sangat di rekomendasikan untuk kamu konsumsi, karena percaya atau tidak kedelai merupakan makanan yang dapat menggantikan susu sapi. kedelai merupakan makanan yang memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi, bahkan mengalahkan kalsium yang terdapat pada susu sapi, tidak hanya itu kedelai juga sangat kaya akan protein dan lemak baik, yang sangat bagus untuk kesehatan jantungmu.
#Okra - Sayuran hijau ini terkenal sangat bagus bagi penderita diabetes dan mencegah pengeroposan tulang, hal ini karena tanaman hijau ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan sangat kaya akan serat yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol serta melancarkan pencernaan. tak hanya itu Okra juga mengandung vitamin B6 dan asam folat yang mana zat ini sangat baik untuk perkembangan janin sehat.
#Sawi hijau - makanan yang tinggi akan kandungan kalsium selanjutnya adalah Sawi hijau, Pada satu mangkuk sawi hijau terdapat sekitar 268 miligram kalsium, tak hanya itu sawi juga kaya akan antioksidan dan juga serat yang sangat bagus untuk sistem pencernaanmu. kamu dapat memasaknya dengan cara menumis atau dijadikan sup.

Jadi teman, mulai sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi jika kamu tak dapat minum susu karena alergi, karena kalsium dan nutrisi yang terdapat pada susu bisa kamu dapat dari makan lain yang lebih enak dan lebih sehat.