Mengatasi rasa nyeri saat haid

Mengatasi rasa nyeri saat haidMengatasi rasa nyeri saat haid - Nyeri saat datang bulan sering dialami oleh para perempuan. Bahkan Biasanya semenjak seminggu menjelang datangnya haid, para cewek sudah disambut dengan deraan gangguan kesehatan seperti ngilu pinggul, nyeri pada perut, migrain, perubahan mood bahkan kehilangan nafsu makan.

Nyeri datang bulan ini disebabkan karena adanya perubahan tingkat hormon esterogen dan progesterone di dalam tubuh. Hal ini sangat mempengaruhi adanya penurunan senyawa serotonin yang bertanggung jawab sebagai pengatur mood dan mengatasi rasa nyeri.

Ada baiknya datang bulan tidak dijadikan momok yang ditakuti. Mengatur asupan makanan dan minuman dapat mengatasi rasa nyeri saat haid.

Jika kamu sedang datang bualan atau haid perbanyaklah makan makan yang mnegandung serat, karena hal ini dapat memperlancar proses buang air dan juga mengurangi kelebihan kandungan esterogen dalam tubuh. Kandungan esterogen yang berlebih di tubuh merupakan penyebab utama nyeri pada saat datang bulan.

Tapi kamu tidak perlu terlalu khawatir, karena ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid, diantaranya:

Kurangilah makan daging saat datang bulan - Karena lemak jenuh yang terdapat pada daging justru akan memperparah gejala nyeri saat haid    
Kurangilah makan makanan Manis dan Tinggi Karbohidrat - keninginan untuk makan es krim atau kue-kue kecil dirasa harap ditahan duulu karena. hal ini hanya akan membuat keadaan memburuk. Makanan yang manis dan tinggi kabohidrat justru hanya akan menghambat pembuangan esterogen dari dalam tubuh. Makanan seperti roti dan pasta justru akan mengakibatkan penumpukan esterogen di tubuh.    
Katakan tidak pada segelas teh - Banyak orang yang mengira dengan meminum segelas teh hangat akan meredakan gejolak nyeri perut saat haid. Padahal, minum teh saat datang bulan justru akan menstimulasi hormon di payudara, sehingga akan mengakibatkan nyeri di payudara.    
Perbanyak makan makanan yang perprotein tinggi - Untuk menyeimbangkan kadar esterogen didalam tubuh, para perempuan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein seperti tahu dan tempe. Karena kandungan protein yang terdapat pada tahu dan tempe dapat mengurangi ngilu di pinggul saat datang bulan.    
Kurangi makan makanan berperisa - Cemilan yang memiliki banyak gram juga bisa mengakibatkan perut kembung, karena garam menekan kerja ginjal. hal ini membuat ginjal kekurangan cairan ini, jika sudah seperti ini, otomatis deraan pada pinggang akan terjadi.
Rasa nyeri pada saat haid biasanya juga bisa disebabkan oleh rendahnya kadar magnesium dan kalsium dalam tubuh. Dampak dagi kurangnya kandungan magnesium dan kalsium  ini seperti migrain, dan mood yang buruk.

Sumber : Meetdoctot.com | Foto : Flickr.com